Cari Data

Selasa, 12 Januari 2010

Berbahayakah Campak Bagi Balita

Berbahayakah Campak Bagi Si Kecil?

Campak merupakan penyakit yang tak asing lagi bagi para kaum ibu. Penyakit ini rentan menyerang bayi berumur lebih dari 1 tahun dan bayi yang tidak mendapatkan imunisasi.

Campak (Rubeola, Campak 9 hari, Measles) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit.

Penyakit ini mudah menular dan berpotensi menyebabkan kematian bila ada komplikasi fatal yang biasanya ditemukan pada anak-anak dengan gizi buruk. Namun jika seseorang sudah pernah menderita campak, maka seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

Apa penyebabnya?

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus campak golongan Paramyxovirus. Virus ini sangat menular terutama pada anak anak yang memiliki daya tahan tubuh yang buruk. Penderita bisa menularkan infeksi ini sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari pertama sejak munculnya ruam. Penularan terjadi melalui percikan ludah dari batuk dan bersin yang masuk ke dalam tubuh melalui perantara udara. Kotoran tangan penderita campak juga bisa menularkan virus ini. Masa inkubasinya adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.


Gejala yang ditimbulkan?

Anak-anak yang menderita campak akan mengalami gejala seperti : demam, kecapaian, pilek, batuk, mata yang radang dan merah selama beberapa hari dan diikuti dengan ruam jerawat merah pada muka dan kemudian menyebar ke bagian tubuh. Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi.
Pada puncak penyakit, anak akan merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Komplikasi seperti apa yang menyebabkan kematian?

Waspadalah bila terjadi komplikasi pada penyakit ini, karena bisa menyebabkan kematian pada anak yang menderita campak. Komplikasi tersebut seperti : Infeksi telinga bagian tengah, infeksi saluran pernafasan bagian bawah (Bronkhitis), infeksi paru-paru (Pneumonia), radang otak (Encephalitis) serta penurunan jumlah trombosit (Trombositopenia) yang mengakibatkan pendeita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan.

Untuk menghindari komplikasi, berilah nutrisi yang cukup pada buah hati Anda. Campak jarang berakibat serius bila anak sehat dan memiliki gizinya yang cukup.

Bagaimana bentuk pengobatannya?

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit campak Anak hanya memerlukan istirahat yang cukup dan berbaring di rumah, minimal 10 hari. Selain itu disarankan pula untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kekebalan tubuh meningkat.

Bagaimana cara mencegah penularan?

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah melakukan Imunisasi (MMR/ Mumps, Measles, Rubella ), yang disuntikkan pada bagian otot paha atau lengan atas. Suntikan pertama diberikan pada usia anak 12-15 bulan, sementara suntikan kedua diberikan saat anak menginjak usia 4-6 tahun.

BURSA Komputer Termurah : Duta Computer

PENTIUM III SECOND
INTEL Pentium 777 s/d 888 Mhz
MB.Asus. dll/ HDD 10 Giga, Ram 256 MB
Casing Tower, Monitor 17", Keyboard + Mouse Optic Baru
Bonus : Mouse Pad Bantal, Cover Computer, Stavolt, speker aktif
Harga : Rp 920.000


PENTIUM IV SECOND
INTEL Pentium 2.26 GHz
MB.HP/Asus/GigaByte/DL, LHDD 30 GB,DDR 512 MB
Casing Tower, Monitor 17", Keyboard + Mouse Optic Baru
Bonus : Mouse Pad Bantal, Cover Computer, Stavolt, speker aktif
Harga : Rp.1.350.000


PENTIUM IV BARU
INTEL Pentium 2.6 GHz
MB.Amptron/EXTREME, HDD 80 GB, DDR 2 1 Giga
Casing Tower,DVD RW LG/ SAMSUNG 24x, Monitor 15" Treq , Keyboard + Mouse Optic Baru
Bonus : Mouse Pad Bantal, Cover Computer, Stavolt, speker aktif
Harga : Rp.2.350.000


PENTIUM IV DULE CORE BARU
INTEL Pentium 2.6 GHz
MB.Amptron/EXTREME, HDD 250 GB, DDR 2 1 Giga
Casing Tower, DVD RW LG/ SAMSUNG 24x, Monitor 15" Treq , Keyboard + Mouse Optic Baru
Bonus : Mouse Pad Bantal, Cover Computer, Stavolt, speker aktif
Harga : Rp.2.900.00


Keterangan: Harga sewaktu- waktu dapat berubah

Duta Computer : Harga ok siap antar

Duta Computer : Pasang Biling Warnet 30 Ribu, Bergaransi

Tagihan Listrik

On-Line